5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017 - GOSIP TERKINI

Post Top Ad

Responsive Ads Here
togel online

Selasa, 12 Desember 2017

5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017

5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017

Gosip Terkini - Tahun ini menjadi salah satu tahun yang paling banyak menyita perhatian public. Banyak hal menarik yang kemudian menjadi buah bibir di masyarakat. Mulai dari kelakukan kids zaman now sampai dengan kasus besar yang menyeret nama “papah” Setya Novanto vs tiang listrik.
Tidak bisa ditutupi juga, di tahun ini kasus bunuh diri yang terjadi pun bisa dikatakan cukup menarik. Beberapa di antaranya terjadi dengan kejanggalan atau keanehan sendiri yang mungkin hanya terpikirkan di zaman seperti sekarang ini.
Sebelum mengetahui kasus bunuh diri apa saja yang paling menyita perhatian publik, fakta mengenai kasus bunuh diri itu sendiri di Indonesia maupun di dunia.
Menurut rata-rata data statistik, dalam sehari ternyata ada saja kasus bunuh diri yang terjadi. Jumlahnya bisa mencapai dua sampai tiga korban! Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat setidaknya ada 812 kasus bunuh diri di Indonesia pada 2015. Angka tersebut merupakan angka yang tercatat kepolisian. Angka nyatanya? Diperkirakan lebih tinggi, lho.
Sementara itu, World Health Organization (WHO) memiliki data sendiri. Berdasarkan badan ini, kasus bunuh diri yang terjadi di Indonesia pada 2012 mencapai 10.000 jiwa! Trena angka ini meningkat dari tahun 2010 yang mana kasus bunuh diri yang terjadi di angka 5.000 kasus.
Secara global, WHO mencatat ada 800.000 kasus bunuh diri di seluruh dunia. Angka tersebut tentunya tidak terhitung dengan kasus percobaan bunuh diri, ya. WHO menambahkan sebanyak 75% kasus bunuh diri di dunia terjadi di negara-negara yang berpendapatan ekonomi rendah dan menengah.
Namun, di Amerika Serikat yang notabene adalah negara kuat pun banyak dijumpai kasus bunuh diri. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat menyebutkan bahwa setiap tahunnya, 10.000 orang AS meninggal akibat bunuh diri.
Perlu Anda ketahui, bunuh diri adalah penyebab kematian terbesar ketiga bagi anak-anak muda yang berusia antara 10 hingga 24 tahun. Di kelompok ini, data mencatat bahwa ada sekitar 4.600 anak muda meninggal akibat bunuh diri. Gosip Terkini
Menyikapi hal tersebut, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menjelaskan bahwa kasus bunuh diri sangat erat kaitannya dengan lingkungan rumah si korban. Teruntuk kasus bunuh diri yang terjadi pada remaja.
Menurut Nila, depresi yang banyak dialami anak muda sekarang tidak bisa lepas dari bagaimana lingkungan di rumah korban. Maka dari itu, sangat penting bagi setiap keluarga untuk mengetahui betul bagaimana sikap dan kondisi kejiwaan anak di rumah.
“Keluarga, khususnya orangtua, harus paham betul bagaimana situasi dan kondisi diri si anak. Dengan begitu, akan mudah juga bagi orang di sekelilingnya untuk memecahkan masalah yang mungkin terjadi pada dirinya,” terangnya, 19 Juli 2017.
Nila menambahkan, ketika keluarga sudah memahami dengan betul bagaimana kejiwaan si anak, maka orang yang sedang depresi tidak akan merasa sendiri dan mungkin niatan untuk bunuh diri akan jauh dari pikirannya. “Dengan merasa demikian, si anak yang depresi tidak akan jatuh terlalu dalam dalam masalah yang dia hadapi. Kalau sudah begitu, saya rasa tidak akan ada pikiran untuk bunuh diri,” tambahnya.
Nila pun menyarankan agar semua masyarakat untuk tidak segan atau risih memeriksakan masalah kesehatan jiwa di rumah sakit jiwa terdekat. Sebab, sekarang ini rumah sakit jiwa bukan hanya dikhususkan untuk mereka yang memiliki kelainan jiwa, tetapi juga bisa menangani masalah psikis yang cenderung lebih mudah diantisipasi. Seperti misalnya stres, depresi, atau konsultasi masalah mental yang berisiko menimbulkan depresi.
Nah, setelah tahu sedikit tentang fakta bunuh diri dan pernyataan sikap Menkes Nila Moeloek, 5 kasus bunuh diri yang sempat menyita perhatian publik, berikut paparannya: Gosip Terkini
1. Kakak beradik bunuh diri di Apartement Bandung
5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017 
Kasus ini mencuat setelah beredarnya video detik-detik sebelum salah satu dari dua perempuan asal Sulawesi Selatan bunuh diri di Apartement Gateaway Bandung. Kasus ini terjadi pada 24 Juli 2017. Nama korban adalah Eliviana Parumbak berusia 34 tahun dan sang adik Eva Septiani Parumbak yang berusia 28 tahun. Setelah melompat dari lantai 5 dan tewas seketika, jenazah mereka berdua dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih, Bandung. Selidik punya selidik, mereka berdua lompat dengan alasan gangguan psikis. Gosip Terkini
2. Bunuh diri Live di Facebook
5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017 
Ini mungkin kasus bunuh diri paling menggemparkan selama 2017. Bagaimana tidak, sebelum nyawanya hilang, si korban merekam seluruh rangkaian bunuh dirinya di live Facebook dan disaksikan secara langsung oleh semua pengikutinya di media sosial. Pria tersebut diketahui bernama Pahinggar Indrawan. Banyak yang beranggapan bahwa pria ini sebelumnya cekcok dengan istrinya dan merasa sudah tidak bisa lagi bersatu dengan istrinya dan memilih meninggalkan semuanya. Video tersebut pun beredar cepat di media sosial, tapi tak lama berselang Facebook menghapusnya. Kasus ini terjadi pada 17 Maret 2017. Gosip Terkini
3. Anggota TNI gantung diri di lautan lepas
 5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017
Kasus bunuh diri ini pun menjadi perbincangan hangat karena lokasi bunuh diri terjadi di sebuah kapal laut yang sedang berada di lautan lepas. Jadi, dapat dipastikan, sebetulnya penumpang lain di kapal tersebut, sudah bersama dengan mayat anggota TNI ini beberapa hari. Dikabarkan, jenazah baru ditemukan pada Minggu, 22 Oktober 2017. Jenazah laki-laki tersebut diduga bernama Serda Wowo Ari Subekti. Gosip Terkini
4. Mahasiswa gantung diri di Cafe
 5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017
Kasus bunuh diri ini juga tidak kalah heboh. Cukup dekat dengan kehidupan milenials sekarang ini. Seorang mahasiswa bernama Adrian yang berusia 25 tahun tewas gantung diri di cafe langganannya. Tidak diketahui motifnya apa. Gosip Terkini
5. Satu keluarga bunuh diri
 5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017
Mungkin ini kasus bunuh diri paling tragis. Pasalnya, tidak hanya satu orang yang tewas, tetapi 4 orang sekaligus. Mereka adalah sang ayah bernama Kadek Artaya, sang ibu Kadek Suciani, dan dua anaknya yang berinisial PW dan KD. Dikabarkan, mereka berempat menenggak cairan pestisida dan tewas di tempat tak lama berselang. Alasan terkuat keluarga ini mengakhiri hidupnya adalah penyakit yang menyerang keluarga ini dan diketahui tidak sembuh-sembuh. Gosip Terkini

Fakta Bunuh Diri di Indonesia dan Dunia
 5 KASUS BUNUH DIRI YANG PALING MENGHEBOHKAN DI TAHUN 2017
- Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) kasus bunuh diri di Indonesia pada tahun 2015 mencapai 812 kasus.
- Menurut WHO, terjadi sekitar 10.000 kasus bunuh diri yang terjadi pada 2012 dan 5.000 kasus pada 2010.
- Secara global, kasus bunuh diri tercatat sebanyak 800.000 kasus terjadi di seluruh negara di dunia.
- Anak muda menjadi salah satu kelompok paling banyak yang melakukan bunuh diri
- WHO mengklaim, negara dengan perekonomian rendah dan menengah menjadi lokasi paling banyak menerima kasus bunuh diri
- Di ASEAN, Myanmar menempati urutan pertama kasus bunuh diri dengan nagka kasus 100 ribu kasus, disusul dengan Thailand. Indonesia urutan kedelapan.
- WHO merilis fakta bahwa kasus bunuh diri yang terjadi di Indonesia paling banyak dilakukan oleh kaum hawa dengan persentase 4,9%. Sementara itu kasus bunuh diri pada laki-laki sebanyak 3,7%
Ada beberapa alasan kenapa akhirnya seseorang ingin bunuh diri, Gosip Terkini
1. Ada kesalahan yang dibuat diri sendiri dan rasanya itu memiliki dampak besar bagi hidupnya maupun banyak orang
2. Kesepian
3. Kelainan mental
4. Penyakit yang tidak sembuh-sembuh
5. Rasa takut pada sebuah hal
6. Kegagalan pada sesuatu yang menghantui setiap hari
7. Penindasan atau bullying yang tidak pernah ada solusinya
8. Patah hati
9. Kemiskinan
10. Depresi
Menurut Direktur Utama RSJ Dr Soeharto Heerdjan Jakarta Barat Dr Aris Tambing, Ada ciri khusus jika seseorang diisyaratkan akan bunuh diri: Gosip Terkini
1. Orang tersebut akan menarik diri dari masyarakat
2. Tidak lagi mau bersosialisasi sekalipun dengan keluarganya
3. Tidak mau lagi kenal dengan orang di sekelilingnya
4. Tidak ada lagi rasa peduli dan perhatian pada dirinya sendiri
5. Selalu menganggap dirinya tidak lagi berguna
6. Merasa tidak punya arti hidup lagi
7. Memiliki pemikiran lebih baik mati saja dan pemikiran tersbut selalu ada di kepalanya dan orang lain melihatnya menjadi sering bengong.
 ALADINQQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here